Berikut pedoman / juknispengisian laporan hasil belajar peserta didik / rapor Sekolah Dasar (SD) pada kurikulum 2013 pada kurikulum 2013 :
A. COVER LUAR
1. Diisi nama lengkap peserta didik sesuai dengan bukti kelahiran (dengan huruf kapital)
2. Diisi nomor induk peserta didik
B. COVER DALAM
1. Nama SD : Diisi nama SD secara lengkap
2. NSS : Diisi nomor statistik sekolah
3. Alamat SD : Alamat lengkap seperti, nama jalan, nomor, kode pos dan telepon
4. Desa/Kelurahan : Cukup jelas
5. Kecamatan : Cukup jelas
6. Kabupaten/Kota : Cukup jelas
7. Provinsi : Cukup jelas
C. HALAMAN IDENTITAS PESERTA DIDIK
1. Nama peserta didik : Diisi nama peserta didik sesuai dengan bukti kelahiran
2. Nomor induk : Cukup jelas
3. Tempat, Tanggal lahir : Diisi nama tempat, tanggal, bulan, dan tahun kelahiran sesuai dengan bukti kelahiran*
4. Jenis Kelamin : Cukup jelas
5. Agama : Diisi agama yang dianut peserta didik
6. Pendidikan sebelumnya : Misalnya TK……… (kalau tidak berasal dari TK,dikosongkan)
7. Alamat Peserta Didik : Sesuai dengan tempat tinggal peserta didik
8. Nama Orangtua
a. Ayah : Diisi nama ayah
b. Ibu : Diisi nama ibu
9. Pekerjaan Orangtua
a. Ayah : Cukup jelas
b. Ibu : Cukup jelas
10. Alamat Orangtua :Alamat lengkap seperti, nama jalan, nomor, kode pos dan telepon
11. Wali Peserta Didik
a. Nama : Diisi nama lengkap wali (jika ada)
b. Pekerjaan : Cukup jelas
c. Alamat : Cukup jelas
12. Kolom Pas Photo : Ditempel pas photo ukuran 3x4 cm terbaru peserta didik (saat diterima di SD) hitam putih atau berwarna ,wajah tampak jelas dari depan,
13. Kolom tanggal : Diisi tempat, bulan, dan tahun pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik SD
14. Kolom Kepala SD : Diisi tanda tangan Kepala SD, nama lengkap, NIP (bagi PNS) dan stempel SD
*) bukti kelahiran dapat berupa Akte Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir
D. HALAMAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
1. Nama Peserta Didik : Cukup jelas
2. Nomor Induk : Cukup jelas
3. Nama Sekolah : Cukup jelas
4. Alamat Sekolah : Cukup jelas
5. Kelas : Cukup jelas
6. Semester : Cukup jelas
7. Tahun Pelajaran : Cukup jelas
8. Kolom Penilaian
A. Pengetahuan
Pada kolom sebelah kiri sudah terisi ”integrasi kompetensi inti (KI 3)” untuk kelas I sampai dengan kelas VI. Pada kolom catatan Diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait kemampuan anak dalam tiap muatan pelajaran dan apa yang perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya.
Hal-hal yang menonjol yang akan dituliskan dalam catatan ini, dapat diambil dari Kompetensi Dasar (KD) KI 3 pada masing-masing mutan pelajaran yang dipandang lebih menonjol dibandingkan KD lainnya.
B. Keterampilan
Pada kolom sebelah kiri sudah terisi ”integrasi kompetensi inti (KI 4)” untuk kelas I sampai dengan kelas VI. Pada kolom catatan Diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol dan apa yang perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya.
Hal-hal yang menonjol yang akan dituliskan dalam catatan ini, dapat diambil dari Kompetensi Dasar (KD) KI 4 pada masing-masing mutan pelajaran yang dipandang lebih menonjol dibandingkan KD lainnya.
C. Sikap
Pada kolom sebelah kiri sudah terisi ”integrasi kompetensi inti (KI 1) dan KI 2” untuk kelas I sampai dengan kelas VI. Pada kolom catatan diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol dan apa yang perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya.
Hal-hal yang menonjol yang akan dituliskan dalam catatan ini, dapat diambil dari Kompetensi Dasar (KD) KI 1 dan KI 2 pada masing-masing mutan pelajaran yang dipandang lebih menonjol dibandingkan KD lainnya.
9. Perkembangan Fisik/Kesehatan
A. Perkembangan Fisik/Kesehatan
No | Aspek Yang Dinilai | Semester | |
1 | 2 | ||
1 | Tinggi | Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 1 | Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 2 |
2 | Berat Badan | Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 1 | Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 2 |
B. Kondisi Kesehatan
No | Aspek Fisik | Keterangan |
1. | Pendengaran | Diisi sesuai hasil pemeriksaan |
2. | Penglihatan | Diisi sesuai hasil pemeriksaan |
3. | Gigi | Diisi sesuai hasil pemeriksaan |
4. | Lainnya (diisi jika ada aspek/kondisi kesehatan lainnya) | Diisi sesuai hasil pemeriksaan |
C. Catatan Prestasi
No | Jenis Prestasi | Keterangan |
Diisi dengan jenis prestasi akademik yang relevan, baik di tingkat kelas, sekolah, kabupaten/Kota maupun yang lebih tinggi. | Diisi dengan keterangan level, waktu, dan tempat pelaksanaan dan atau penyelenggara kegiatan |
10. Kehadiran : Diisi jumlah hari ketidakhadiran peserta didik berdasarkan izin, sakit, dan tanpa keterangan. (contoh: izin 2 hari, sakit 3 hari)
11. Kolom tanggal : Diisi sesuai dengan tempat, tanggal, bulan, dan tahun pada saat pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik SD. Contoh: Jakarta, 18 Desember 2013
12. Tanda tangan
a. Orangtua/Wali : Cukup jelas
b. Guru Kelas : Cukup jelas
c. Kepala Sekolah : Cukup jelas
E. KOLOM KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
1. SEKOLAH LAMA
a. Nama Peserta Didik : Cukup jelas
b. Tanggal : Diisi tanggal keluar
c. Kelas yang ditinggalkan : Cukup jelas
d. Sebab-sebab keluar : Cukup jelas
e. Tanda tangan Kepala Sekolah : Cukup jelas
Stempel sekolah dan tanda tangan
Orangtua
2. SEKOLAH BARU
a. Nama Peserta Didik : Cukup jelas
b. Nomor Induk : Diisi nomor induk di sekolah baru
c. Nama Sekolah : Cukup jelas
d. Tanggal masuk : Cukup jelas
e. Kelas : Cukup jelas
f. Tahun Pelajaran : Cukup jelas
g. Tanda tangan Kepala Sekolah : Cukup jelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar